Irjen Kemenhub Sampaikan Empat Kunci Sukses Pendidikan pada Catar LV PIP Semarang

Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan (Irjen Kemenhub) DR. Wahju Satrio Utomo, S.H., M.Si. mengatakan, ada empat hal yang harus dilakukan oleh Calon Taruna/i Angkatan 55 Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang untuk sukses dalam pendidikan. Pertama harus bisa memanage diri sendiri, kedua bisa memanage hubungan dengan orang lain, ketiga, harus bisa memanage hubungan dengan lembaga tempat dididik, dan keempat, harus memanage hubungan dengan Tuhan yang Maha Kuasa. Demikian dinyatakan Irjen dalam acara Renungan Suci pada Rabu Malam, 17 Oktober 2018 di lapangan Depo Pendidikan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Rindam IV Diponegoro, Klaten, Jawa Tengah.
.
“Memange diri kalian sendiri artinya bisa mengatur waktu dari tidur sampai tidur lagi. Disiplin, percaya diri yang tinggi, tidak boleh cepat menyerah. Memiliki sifat seorang pejuang. Cepat bangkit kalau memiliki masalah. Berikutnya, memanage hubungan dengan orang lain artinya memiliki sifat empati orang lain. Mensupport teman-temannya yang lemah dan bangga dengan teman-temannya yang berhasil. Memicu diri sendiri, dan ikut berhasil. Selain itu, kalian harus cepat menyesuaikan diri. Cepat melebur dalam pergaulan masyarakat. Di transportasi tidak ada pekerjaan yang berhasil jika kalian lakukan sendiri. Semua adalah keberhasilan team work. Bukan orang per orang. Ketiga, kalian harus bisa memanage hubungan dengan lembaga tempat kalian dididik nanti. Bangga pada almamater. Berprestasi baik. Menjaga kehormatan. Kalian harus bisa menjadi bagian, memberi kontribusi. Terakhir yang keempat kalian harus memanage hubungan yang kuasa. Tuhan yang maha kuasa. Allah SWT. Dengan cara ibadah tepat waktu. Berdoa dengan adab yang benar, dan sadar bahwa Tuhan tidak pernah tidur, tahu apapun yang kalian lakukan. Baik yang nyata maupun tersembunyi. Untuk itu, jaga sikap perilaku kalian tetap dalam koridor yang baik,” ujar Irjen Kemenhub.
.
Selanjutnya Irjen juga mengatakan bahwa musuh terbesar seseorang adalah diri sendiri, dan yang kedua adalah buang-buang waktu. Dirinya mengharapkan Catar LV untuk selalu memacu diri, bahwa kalau orang lain bisa, diri mereka pun bisa. “Manfaatkan 3-4 tahun di pendidikan dengan sebaik-baiknya. Tempa diri kalian, secara akademik, sikap perilaku, karakter, tempa dengan sebaik-baiknya. Karena itulah kunci keberhasilan kalian nanti. Kampus ini bertujuan untuk menyiapkan kader transportasi yang siap bekerja,” ucapnya tegas.
.
Malam Renungan Suci ini dilaksanakan menjelang penutupan Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar) yang diikuti oleh Catar LV PIP Semarang baik dari Pola Polbit, Jalur Reguler dan Jalur Mandiri. Selama 11 hari mendapatkan pembinaan mental dan moral di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, sebanyak 519 orang Calon Taruna-Taruni PIP Semarang akan kembali ke kampusnya, melanjutnya pendidikan dan perjuangan menjadi Insan Perhubungan yang Prima, Profesional dan Beretika.
.
Nampak hadir dalam kegiatan ini Direktur PIP Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E. dan jajarannya khususnya instruktur dan pengasuh Taruna dari Pusat Pembangunan Karakter Taruna dan Perwira Siswa (Pusbangkatarsis).
.
#kemenhub #kemenhub151 #bpsdm #bpsdmp151 #pip #pipsemarang #pusbangkatarsis #madatukar #puslatpur #dodiklatpur #rindam #rindamivdiponegoro
.
@kemenhub151
@bpsdmp151
@pipsemarangzone

Leave a Response