PIP Semarang dan KSOP Tarakan Selenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat BST Kapal Layar Motor

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bekerjasama dengan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan, Kalimantan Utara menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Basic Safety Training (BST) pada Kapal Layar Motor (KLM) untuk masyarakat wilayah Kalimantan Utara mulai Senin-Rabu, 8-10 Oktober 2018 di Kantor KSOP Kelas III, Tarakan.
.
Diklat dibuka oleh Walikota Tarakan Ir. Sofian Raga, M.Si yang dihadiri oleh Komandan Lantamal Tarakan dan pejabat Muspika Kota Tarakan. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatangan MoU antara PIP Semarang dan KSOP Tarakan untuk pelaksanaan diklat BST KLM yang dalam hal ini oleh Direktur PIP Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E. dan Kepala KSOP Kelas III Tarakan Letkol Marinir Abd. Rahman, dan disaksikan Walikota Tarakan.
.
Dalam sambutannya, Walikota Tarakan menyatakan, Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Pemerintah daerah secara terus menerus senantiasa mengupayakan diri untuk melaksanakan pelaksanaan Pendidikan dan pelatihan diklat pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kualitas para pekerja di kapal dan untuk memenuhi persyaratan berlayar. “Untuk itu saya mengharapkan kepada segenap unsur pimpinan untuk lebih mengoptimalkan pendayagunaan segenap sumber daya yang ada guna meningkatkan kualitas para pekerja di sektor transportasi,” kata Walikota Tarakan.
.
Materi Diklat BST KLM disampaikan dalam 24 jam pelajaran teori dan praktek, yang terdiri dari: Dasar–Dasar Pertolongan Pertama pada Kecelakaan, Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran, Teknik Pertahanan Diri, dan Keselamatan Diri dan Tanggung Jawab Sosial.
.
Adapun jumlah peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat adalah sebanyak 206 orang peserta, yang terdiri dari masyarakat umum, crew kapal tradisional, ASN di KSOP dan distrik navigasi. Aasal dari berbagai Kota dan Kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara diantaranya Kota Tarakan, Tanjung Selor, Kota Malinau, Kota Nunukan, Pulau Bunyu dan Kabupaten Tanah Tidung. Selain itu terdapat peserta dari beberapa perusahaan transportasi laut diantaranya: PT. Sadewa, PT. Dewa Sebakis, PT. Mandiri, PT. Wira Laut, dan PT. Lintas Samudra.
.
#kemenhub #kemenhub151 #bpsdmperhubungan #bpsdm151 #pip #pipsmg #pipsemarang #diklatpemberdayaanmasyarakat #pemberdayaanmasyarakat #bst #basicsafetytraining #bst #klm #kapallayarmotor #keselamatan #keselamatandasar
@kemenhub151 @bpsdmp151 @pipsemarangzone