Ibu Asuh Taruna Transportasi, Endang Budi Karya Sumadi Beri Semangat Calon Taruna Transportasi Pola Pembibitan

Ibu Asuh Endang Budi Karya Sumadi yang merupakan istri Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berpesan kepada Calon Taruna/i Perguruan Tinggi Transportasi di bawah Kementerian Perhubungan untuk fokus dan bersemangat menjalani masa studi; pandai mengatur dan membagi waktu, baik untuk kegiatan belajar, organisasi, pelatihan keterampilan, ibadah dan kegiatan lainnya. Pesan tersebut disampaikan Ibu Asuh dalam kunjungannya saat menghadiri kegiatan “Masa Dasar Pembentukan Karakter Calon Taruna Taruni (Madatukar) Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan Tahun 2018” di Balai Pendidikan Pelatihan dan Pengembangan Karakter (BP3K) SDM Transportasi, Ciwidey, Bandung pada Sabtu, 29 September 2018.
.
“Tetaplah menjadi taruna-taruni yang selalu bersikap sopan dan santun, menghormati setiap hak orang lain dan berbagi dengan sesama dalam kebaikan, karena kalian akan tinggal dalam asrama, berkumpul dengan banyak teman dan senior dan karakter yang berbeda. Jaga kekompakan dalam hal positif. Ikuti segala ketentuan dan norma yang berlaku. Dan jangan lupa selalu taat dan rajin beribadah dan berdo’a,” lanjut Ibu Asuh.
.
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc dalam Laporan Penyelenggaraan Diklat Madatukar Catar Polbit Tahun 2018 menyatakan, selama 12 (dua belas) hari, dari 24 September 2018 sampai dengan 5 Oktober 2018 atau senilai 200 Jam Pelajaran, para Catar akan mendapatkan sejumlah materi seperti: Bela Diri, Peraturan Urusan Dinas Dalam, Peraturan Baris Berbaris, Kepemimpinan, Team Building, dan High Ropes. Pendidikan bertempat di 2 (Dua) lokasi yaitu BP3K SDM Transportasi dan lapangan pusat penelitian Teh dan Kina Gambung. Tenaga pengajar terdiri dari Instruktur pada Kementerian Perhubungan sebanyak 59 orang dan pelatih pada Kodiklat TNI AD sebanyak 67 orang.
.
Menhub Budi Karya Sumadi dalam sambutannya menyatakan bahwa Diklat Transportasi terdiri dari 2 (dua) kompetensi yaitu Hardskill Competency dan Softskill Competency. Diklat transportasi yang diselenggarakan oleh BPSDM Perhubungan memiliki tujuan untuk menciptakan SDM sektor transportasi yang memiliki semangat korsa serta mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
.
Dalam kegiatan diklat Madatukar ini, Catar Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang yang mengikuti adalah sebanyak 120 orang. Sedangkan jumlah Catar dari seluruh Perguruan Tinggi (PT) di bawah Kemenhub matra Darat, Laut dan Udara adalah sebanyak 2.623 (Dua Ribu Enam Ratus Dua Puluh Tiga). Selain PIP Semarang, Catar Polbit berasal dari PKTJ Tegal, API Madiun, ATKP Medan, STPI Curug, Poltekbang Surabaya, Poltekpel Surabaya, BP2TD Palembang, STTD Bekasi, BP2TD Bali, STIP Jakarta, PIP Makassar dan ATKP Makassar.
.
Nampak hadir dalam kegiatan kunjungan ini, Direktur PIP Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E. didampingi istri Hj. Siti Hasanah, yang juga merupakan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) PIP Semarang, dan Kepala Pusat Pembangunan Karakter Taruna dan Perwira Siswa Capt. I Kadek Laju, SH, MM, M.Mar. Hadir juga Kepala UPT yang Catarnya menjadi peserta Diklat Madatukar serta jajaran pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan.
.
#kemenhub #kemenhub151 #bpsdm #bpsdmp151 #pip #pipsemarang #madatukar #diklattransportasi #diklatmadatukar #catar #catarpolbit #polapembibitan
.
@kemenhub151
@bpsdmp151
@pipsemarangzone

Leave a Response