Upacara Pelepasan 217 Wisudawan Program Diploma IV dan 206 Peserta Diklat Pelaut Tingkat II, III, IV & V PIP Semarang

Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E. bertindak sebagai Inspektur Upacara melepas Wisudawan Program Diploma IV, sekaligus menutup Diklat Pelaut Tingkat II, III, IV dan V di Plaza Taruna Kampus PIP Semarang, Sabtu, 22 September 2018.
.
Upacara Bon Voyage kali ini mengangkat tema “Dengan Wisuda Ke 87, PIP Semarang siap Menyongsong Revolusi Industri 4.0 di Sektor Sumber Daya Manusia Transportasi Laut yang Profesional dan Kompeten”.
.
Direktur PIP Semarang dalam sambutannya menyatakan bahwa Revolusi industri 4.0 ditandai dengan proses digitalisasi di segala aspek kehidupan yang secara otomatis juga merubah wajah dan pola bisnis serta industri di seluruh dunia. Kata kunci bagi revolusi industri 4.0 adalah near future, yang artinya perubahan tidak terjadi dalam jangka waktu puluhan tahun, namun terjadi dalam hitungan bulan. Dunia maritim juga akan terdampak oleh kemajuan teknologi digital yang sangat cepat ini.
.
“Ke depan, para dosen dan pengajar harus terus berupaya mengajak dan membentuk para taruna dan peserta Diklat agar dapat menjadi orang-orang yang memiliki Agility, kegesitan dalam membaca perubahan zaman, kegesitan untuk mempelajari hal baru, dan kegesitan untuk menciptakan peluang-peluang baru di tengah perubahan yang terus berjalan,” kata Direktur PIP Semarang.
.
217 orang Wisudawan Program Diploma IV terdiri tersebut dari 77 orang Program Studi (Prodi) Nautika, 79 orang Prodi Teknika, dan 61 orang Prodi KALK. Sedangkan 206 peserta Diklat Pelaut yang dilepas terdiri dari 61 orang peserta Diklat Pelaut Tingkat II, 45 orang peserta Diklat Pelaut tingkat III, 39 orang peserta Diklat Pelaut tingkat IV, serta 61 orang peserta Diklat Pelaut Tingkat V.
.
Untuk Wisudawan Program Diploma IV berhak memperoleh: Ijazah Diploma IV, sebutan profesional “Sarjana Terapan Pelayaran” (S.Tr.Pel), dan Sertifikat Keahlian Pelaut “Ahli Nautika Tingkat III (ANT.III)” untuk jurusan Nautika dan “Ahli Teknika Tingkat III (ATT.III)” untuk jurusan Teknika, dan Sertifikat Ketrampilan Pelaut. Sedangkan untuk peserta Diklat Pelaut yang dilepas nantinya berhak memperoleh: Sertifikat Pendidikan dan Pelatihan Kepelautan (SPPK), Certificate Of Competency / Sertifikat Keahlian Pelaut Tingkat II, III, IV dan V, Certificate of Endorsement (COE).
.
#kemenhub #kemenhub151 #bpsdm #bpsdmp151 #pip #pipsemarang #wisudaterpadu #pelantikanterpadu #perwiratransportasi
.
@kemenhub151
@bpsdmp151
@pipsemarangzone

Leave a Response