74 Calon Wisudawan PIP Semarang Ikuti Upacara Pelantikan Kelulusan Ujian Negara REOR

Sebanyak 74 taruna semester VIII Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang yang juga merupakan Calon Wisudawan, serta 7 orang peserta free entry mengikuti upacara pelantikan dan pengambilan sumpah lulusan Ujian Negara Radio Elektronika dan Operator Radio (REOR) Angkatan XXIII. Kegiatan berlangsung di Auditorium Gedung Serba Guna Mas Pardi, kampus PIP Semarang pada Kamis, 30 Agustus 2018.
.
Bertindak sebagai Pembina Upacara, Dodik Sugiyono, Kasubdit Sertifikasi Radio, Direktorat Operasi Sumber Daya, Ditjen Sumber Daya dan Perangat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dalam kegiatan tersebut Pembina Upacara melaksanakan pengambilan sumpah, dimana para Rohaniwan mengambil tempat untuk melaksanakan pengukuhan dari Agama Islam, Kristen, Katholik dan Hindu. Selanjutnya Pembina Upacara secara simbolis menyerahkan Berita Acara Sumpah kepada perwakilan siswa, Muhammad Bhayu Rahardjo dengan didampingi para saksi.
.
Ujian REOR bagi pemilik sertifikat Keahlian Pelaut ini merupakan implementasi ketentuan internasional tentang Global Maritime Distress And Safety System (GMDSS) dengan tujuan memberikan kesempatan kepada Ahli Nautika untuk melengkapi keahlian sebagai operator radio di kapal. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan internasional yang diatur pada STCW 1978 dan telah diubah dengan Amendemen 1995, dan STCW 2010 Amandemen Manila, Artikel 47 ayat (1) Peraturan Radio Internasional (Radio Regulation ITU).
.
Para peserta sumpah ini telah mengikuti ujian negara pada Rabu, 29 Agustus 2018 oleh tim dari Kemenkominfo bertempat di kampus PIP Semarang, dan dinyatakan lulus sesuai dengan Pengumuman Nomor: 154/Kominfo/SDPPI/SP/02/03/VIII/2018 tertanggal 30 Agustus 2018 yang ditandatangani oleh Bambang Suratno, SH.MH., Kepala Seksi Pelayanan Operator Radio, atas nama Kasubdit Sertifikasi Operator Radio. Selesai upacara dilaksanakan pemberian ucapan selamat kepada para lulusan ujian negara REOR Angkatan XXIII lembaga diklat PIP Semarang. Nampak hadir dalam kegiatan ini Pejabat Struktural dan Fungsional PIP Semarang.
.
#kemenhub #kemenhub151 #bpsdm #bpsdmp151 #pip #pipsemarang #oru #reor
.
@kemenhub151
@bpsdmp151
@pipsemarangzone

Leave a Response