Rapat Kerja Terkait Training Record Book Diselenggarakan di PIP Semarang

Kegiatan “Rapat Kerja Implementasi Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut No. HK.103/1/7/DJPL-18 tentang Pedoman Pengesahan dan Pengujian Buku Catatan Pelatihan Cadet di Atas Kapal (Training Record Book)” diselenggarakan di Ruang Sidang Besar (RSB), Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang pada Kamis-Jum’at, 12-13 Juli 2018.

Ketua PUKP 05 Semarang selaku panitia acara sekaligus Kepala KSOP Semarang Ahmad Wahid, MT, MM dalam sambutan pembukaan menyatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk membentuk Buku Training Record Book yang sama antara satu PUKP dengan PUKP yang lainnya. Begitu pula Pedoman Nahkoda di atas kapal serta Sistem dan prosedur pengujian TRB yang sama.

Sementara itu Direktur PIP Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E. selaku tuan rumah menyatakan PUKP 05 sebagai bagian dari PIP Semarang telah melaksanakan kegiatan pengujian TRB dengan Computer Based Assesment (CBA). Selain itu dalam meningkatkan pelayanan kepada peserta, PUKP 05 telah menggunakan aplikasi berbasis website dalam hal pendaftaran peserta. Sejumlah aplikasi penunjang dalam membantu dan mempermudah serta mempercepat proses pelaksanaan ujian berbasis CBA di PUKP 05 Semarang, diantaranya adalah:
1. Sistem Informasi PUKP ( SIPUKP)
2. SMILE 05 ( Sistem Pendaftaran Peserta TRB )
3. SIMPU TRB (Sistem Informasi Managemen Peserta Ujian Training Record Book )
4. Pangkalan Data

Dalam kegiatan ini hadir Ketua Umum DPKP Ir. DWI BUDI SUTRISNO M.Sc, Ketua Harian DPKP Ir. Tata Sukapraja, Kasubdit Kepelautan Ditkapel Capt. Dedtri Anwar, MM., Ketua PUKP I – XI dan Manajemen PIP Semarang.

 

Leave a Response