PIP Semarang Selenggarakan Diklat BST Bagi Nelayan Pati, Rembang dan Jepara

     Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bekerjasama dengan Lembaga Kelautan & Perikanan Indonesia (LKPI) dan Pemerintah Daerah menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Basic Safety Training (BST) pada Kapal Layar Motor (KLM) dan Kapal Penangkap Ikan Dalam Negeri untuk nelayan wilayah Pati, Rembang, Jepara dan sekitarnya mulai Senin-Rabu, 9-12 Juli 2018 di Kantor Kepala Desa Bajomulyo, Juwana, Pati, Jawa Tengah.

Direktur PIP Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E. yang hadir untuk membuka acara menyatakan bahwa materi yang diberikan adalah dasar-dasar keselamatan yang isinya adalah bagaimana menyelamatkan diri dan menyelamatkan orang lain di laut, bagaimana memadamkan kebakaran dan bagaimana menindaklanjuti medical atau masalah kesehatan. Menurut Direktur PIP Semarang, sertifikat hasil pelatihan ini merupakan salah satu syarat dokumen untuk bekerja di kapal.

Untuk gelombang pertama ini, peserta berjumlah 100 (seratus) orang. Direktur PIP Semarang berharap untuk tahun ini, setidaknya ada sebanyak 500 orang nelayan dari daerah Juwana Pati yang dapat mengikuti diklat BST.  Seperti diberitakan belum lama ini di Indonesia terjadi sejumlah kecelakaan kapal. Diklat BST adalah salah satu upaya yang diberikan pemerintah kepada masyarakat khususnya nelayan, untuk mencegah terjadinya kecelakaan kapal. Hadir dalam kegiatan pembukaan Direktur Eksekutif LKPI Pusat, Ayub Faidiban; Danramil Juwana, Suhadi; Camat Juwana Teguh Widodo; Kepala Desa Sugito; dan Pengusaha Kapal Edi.

Leave a Response