Bhineka Eka Bhakti Samodra
Home

 

PIP SEMARANG LAKSANAKAN TEST TAHAP I SIPENCATAR 2011

(Semarang, 28/06/2011) Sebanyak 1.701 orang Calon Taruna/i melaksanakan Tes Tahap I (Pertama) Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) 2011, yang meliputi Tes Bakat Skolastik (TBS) dan Tes Potensi Akademik (TPA) di gedung Auditorium dan Menza , Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang , Selasa, 28 Juni 2011.

 

Menurut Penanggung Jawab Panitia Sipencatar 2011 PIP Semarang, Heri Sularno, M.Mar.E. M.H, j umlah tersebut merupakan para pendaftar yang telah lolos seleksi Administrasi. “ Peserta terdiri dari 6 21 orang pendaftar Nautika, 482 orang pendaftar Teknika, 300 orang pendaftar KALK dan 298 orang pendaftar u n tuk UPT Badan Diklat di luar PIP Semarang ,” kata Heri .

 

Test Tahap I Sipencatar 2011 ini tidak hanya dilaksanakan di PIP Semarang, namun serentak di 22 lokasi, meliputi STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat) Bekasi, STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran) Jakarta, STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) Curug, PIP Semarang, PIP Makassar, ATKP (Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan) Makassar, ATKP Surabaya, ATKP Medan, BPPTD (Balai Diklat Transportasi Darat) Tegal, BPPTD Palembang, BPPTD Bali, BPP Pnb (Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan) Palembang, BPP Pnb Jayapura, BP2IP (Balai Pendidikan Dan Pelatihan Ilmu Pelayaran) Sorong, Dishub (Dinas Perhubungan) Pontianak, Dishub Palangkaraya, Dishub Maluku, Dishub Kupang, Dishub Aceh, Dishub Manado, Dishub Kendari, dan Dishub Riau.

 

Dalam Tes Tahap I ini, peserta dihadapkan pada tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, tes spasial atau gambar, dan pengetahuan umum. Peserta mengerjakan jawabannya di dalam lembar jawab Komputer untuk memastikan tidak akan ada kecurangan dan murni hasil pekerjaan dari peserta sendiri , yang nantinya akan di koreksi secara terpusat di Jakarta . Sebelum ujian berlangsung peserta ujian berkumpul di Plaza untuk mendapatkan pengarahan dari Panitia Sipencatar mengenai tata cara pengerjaan ujian dan himbauan untuk tidak percaya kepada pihak pihak atau oknum oknum yang menjanjikan untuk bisa mengusahakan keberhasilan masuk menjadi Taruna/i PIP Semarang. Setelah tes dilaksanakan, untuk menjaga kerahasiaan, soal akan dimusnakan pada sore/malam hari.

 

Hasil dari tes Tahap I rencananya akan diumumkan pada Jum’at, 8 Juli 2011. Bagi peserta yang lolos ujian Tahap I akan mengikuti tes tahap berikutnya pada 11 – 20 Juli 2011, yang meliputi tes kesehatan, kesamaptaan, p siko tes dan wawancara. Hasil akhir keseluruhan ujian akan diumumkan pada 1 Agustus 2011 melalui website PIP Semarang , serta diumumkan juga di semua lokasi tes pelaksanaan Sipencatar yang lain .

 

Update 28/6/2011
created by humas pip semarang © 2011