Menu Multilavel
VIDEO


BERITA UTAMA

PIP Semarang Selenggarakan Seminar Nasional dan Rapat Tengah Tahunan FSTPT Tahun 2017

Semarang, 29 April 2017.

"Memperkuat Multimoda Transportasi untuk Mendukung Ekonomi Nasional Berkelanjutan", itulah tema yang diangkat dalam Seminar Nasional yang diselenggarakan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang pada Sabtu sd Minggu, tanggal 29 sd 30 April 2017 di Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi PIP Semarang.

Kegiatan diawali dengan safety induction yang dibawakan oleh 2 (dua) orang Taruna-Taruni PIP Semarang dilanjutkan dengan penampilan Tari Gambang Semarang dari beberapa Taruni sebagai persembahan selamat datang kepada para peserta dan tamu undangan yang hadir.

Kegiatan yang dimotori oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat PIP Semarang tersebut dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Dr. Ir. Djoko Sasono, M.Sc (Eng). Dalam sambutannya, Kepala BPSDM Perhubungan menyampaikan bahwa kondisi negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan membutuhkan multimoda transportasi yang dikelola dan terintegrasi dengan baik. Hal tersebut tentu saja membutuhkan peran serta dari seluruh pihak termasuk akademisi dalam mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten dan infrastuktur transportasi yang memadai. Beliau berharap bahwa hasil dari kegiatan seminar ini akan bermanfaat dan dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Seminar Nasional menghadirkan 2 (dua) orang narasumber sebagai pembicara panel, yaitu Raja Oloan Saut Gurning, ST.,M.Sc.,Ph.D (pakar transportasi laut dan dosen ITS Surabaya) dengan topik "Penilaian Model Logistik untuk Aplikasi Angkutan Cair Petrokimia dari Tuban ke Wilayah Jawa dan Sumatera", dan Suprapto, SE.,MM (General Manager Ritra Logistic/Manager AlFI Institute) dengan topik "ASEAN and Logistic Transportation Challenges and Opportunities". Selain itu, terdapat 53 (lima puluh tiga) orang pemakalah yang mempresentasikan hasil penelitiannya dalam sesi seminar paralel.

Persembahan lagu dari Taruna-Taruni PIP Semarang turut memeriahkan acara seminar dan menjadi hiburan tersendiri bagi para hadirin. Selain acara seminar, dilaksanakan pula campus tour bagi peserta untuk menyaksikan sarana pendidikan dan pelatihan laboratorium dan simulator yang dimiliki oleh PIP Semarang. Selanjutnya, dilaksanakan rapat tertutup tengah tahunan pengurus FSTPT tahun 2017, yang merupakan agenda tahunan dari FSTPT. Rapat diikuti oleh Dewan Penasehat dan anggota FSTPT dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

-Humas-