Menu Multilavel
VIDEO


BERITA UTAMA

Jelang Ramadhan 1438 H, Civitas Akademika PIP Semarang Ikuti Pengajian Munggahan

Semarang, 27 Mei 2017.

Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Lembaga Amalan Islam (LAI), Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan Pengajian Munggahan / Punggahan di Masjid Al-Bahri, Kampus PIP Semarang pada Jum’at, 26 Mei 2017.

Dalam sambutannya, Direktur PIP Semarang Dr. Capt. H. Wisnu Handoko, M.Sc mengajak hadirin untuk senantiasa bersyukur atas nikmat kesehatan dan kesempatan yang diberikan Alloh SWT sehingga dapat bersama menghadiri acara ini. Menurut Direktur adalah kewajibannya sebagai pemimpin untuk mengingatkan anak didik maupun jajarannya mengenai keutamaan kehadiran dan keutamaan bulan Ramadhan.

“Kalau nanti taruna menjadi bapak atau ayah, menjadi seperti pak Wisnu pimpinan, menjadi kewajiban harus mengingatkan tarunanya, anak-anak istrinya di rumah untuk mengulang-ulang apa fadilah-fadilah, manfaat janji-janji Allah di dalam bulan Ramadhan, sehingga kita tidak melewatkan begitu saja keistimewaan bulan Ramadhan karena sayang,” kata Direktur PIP Semarang.

Selanjutnya Ustadz Muchammad Amin yang menjadi narasumber memberikan tausiyah yang sesuai dengan tema acara, yaitu “Kupinang Ramadhan Dengan Al-Qur'an”. Menurut Ustadz, kunci untuk memahami Al Qur’an ada 3 M = Mengakrabi, Mentadaburi, dan Mengamalkan.

“M yang pertama yaitu Membuat dekat, Sering berinteraksi, dan Mengkondisikan; kemudian M kedua yaitu Menangkap makna dan Mengambil pembelajaran; serta M ketiga: Menjadikan setiap langkah dengan spirit Al-Qur’an,” kata Ustadz Muchammad Amin.

Terkait dengan keutamaan bulan Ramadhan Ustadz Muchammad Amin lalu mengajak hadirin untuk dapat mengkhatamkan Al Qur’an setidaknya 1 (satu) kali. Beliau memberikan langkah-langkahnya. Pertama adalah membuat target, yaitu mau khatam Al-Qur’an berapa kali dibulan Ramadhan ini. Semisal sekali. Lalu di breakdown atau dibagi, dipotong-potong membacanya. Seperti diketahui 1 juz ada kurang lebih 9 lembar. Shalat sehari ada 5 waktu. Nah tiap waktu shalat baca 2 lembar. In Sha Allah target 1 hari 1 juz tercapai. Ustadz juga mengingatkan untuk membuat cek list target, dan mulai bergerak sekarang. Menurutnya hal ini tidak susah. Bisa karena Biasa, dan Biasa karena Pembiasaan

Kegiatan Munggahan/Punggahan ini diikuti oleh seluruh Civitas Akademika PIP Semarang, yaitu Taruna/i, pegawai, dosen, instruktur serta Dharma Wanita Persatuan PIP Semarang. Para hadirin menyimak dengan baik dan sesekali bergerak dan bertindak mengikuti panduan interaktif dari Ustadz.

Acara yang dilaksanakan ba’da sholat Asar berjama’ah ini dibuka oleh kesenian rebana dari Taruna/i PIP Semarang, pemberian santunan kepada anak yatim piatu Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu Miftahul Huda yang diwakili oleh Direktur PIP Semarang, do’a penutup dari Direktur PIP Semarang yang baru kembali ke tanah air dari ibadah umroh di tanah suci Mekah serta diakhiri salam-salaman bersama.

-Humas-