Menu Multilavel
VIDEO


BERITA UTAMA

PIP Semarang Buka Sandwich Program Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat

Semarang, 21 April 2017.

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menjalin kerja sama dengan Sekolah Vokasi UGM Yogyakarta guna membuka Sandwich Program mahasiswa Program Studi Diploma IV Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat untuk memperoleh sertifikat kompetensi pelaut Ahli Teknika Tingkat III (ATT-III) dengan peminatan Teknika Perkapalan. Hal tersebut ditandai dengan penandatangan perjanjian kerja sama antara PIP Semarang, yang diwakili oleh Capt. Sidrotul Muntaha, M.Si., M.Mar (Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan PIP Semarang) dengan Sekolah Vokasi UGM, yang diwakili oleh Bapak Wikan Sakarinto, ST.,M.Sc., Ph.D (Dekan Sekolah Vokasi UGM) pada Jum'at, 21 April 2017 di Sekolah Vokasi UGM.

Dalam pelaksanaan Sandwich Program ini, mahasiswa akan mengikuti program pendidikan di kampus PIP Semarang, UGM, serta praktek di atas kapal secara bergantian. Selama 4 (empat) semester pertama, mahasiswa belajar di kampus UGM tentang Teknik Mesin dan Perawatan Alat Berat. Selanjutnya pada semester 5 (lima), mahasiswa akan belajar tentang Perkapalan di kampus PIP Semarang. Dan pada semester 6 (enam) dan 7 (tujuh), mahasiwa akan melaksanakan praktek di atas kapal. Kemudian pada semester 8 (delapan), mahasiswa akan kembali ke kampus untuk menyelesaikan mata kuliah tambahan, KKN serta tugas akhir. Dan setelah mahasiswa dinyatakan lulus uji kompetensi yang dilaksanakan pada semester 4 (empat) dan 8 (delapan), maka mereka akan mendapatkan sertifikat kompetensi pelaut Ahli Teknika Tingkat III (ATT-III) termasuk 9 (sembilan) sertifikat kompetensi yang dipersyaratkan untuk bekerja di atas kapal.

Perjanjian kerja sama dengan Sekolah Vokasi UGM tersebut merupakan bagian dari komitmen PIP Semarang dalam mempersiapkan SDM pelayaran yang prima, profesional dan beretika dalam upaya mendukung program pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

-Humas-