Menu Multilavel
VIDEO


BERITA UTAMA

PIP Semarang Luluskan 186 Orang Taruna Program Diploma IV di Wisuda ke – 84

Semarang, 12 April 2017.

Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Dr. Capt. H. Wisnu Handoko, M.Sc. mewisuda 186 orang Taruna/i PIP Semarang yang terdiri dari 89 orang dari program studi Nautika dan 97 orang dari program studi Teknika. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sidang Senat Terbuka Program Diploma IV ke-84 PIP Semarang Tahun 2017 Rabu, 12 April 2017 di Balai Mas Pardi, Gedung Serba Guna PIP Semarang.

Prosesi wisuda ditandai dengan pengalungan samir dan penyerahan ijazah kepada para wisudawan oleh Direktur PIP Semarang. Dan selanjutnya mereka secara resmi menyandang gelar Sarjana Terapan Pelayaran atau S.Tr.Pel. Hadir dalam kegiatan wisuda tersebut, Ketua Korps Alumni P3B H. Toto Sugianto,SE.,M.M.,M.B.A., penyampai Seminar dan Orasi Ilmiah, Capt. Ferdinan Andreas Luntungan dan Rodial Huda, Ketua Senat dan seluruh anggota senat PIP Semarang, para Dosen, Instruktur, Pembina Taruna, serta para orang tua atau wali wisudawan.

Menurut Direktur hingga saat ini PIP Semarang menghasilkan lulusan sebanyak 9.141 orang. Dalam sambutannya, Direktur PIP Semarang meminta jajarannya untuk terus menerus melakukan pengembangan sistem pengelolaan akademik dan penyelenggaraan diklat demi lulusan yang berkualitas sesuai yang dibutuhkan oleh industri pelayaran untuk menghadapi berbagai tantangan global serta memenuhi program Tol Laut yang dicanangkan pemerintah pusat.

“Seluruh Civitas PIP Semarang sepanjang 2 tahun terakhir menunjukkan komitmennya, PERTAMA: PIP mengimplementasikan pengelolaan keuangannya menjadi sebuah Badan Layanan umum (BLU) dan KEDUA sebagai sebuah perguruan tinggi yang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, PIP Semarang terus menjalankan komitmen program pengajaran berbasis Sistem Kredit Semester (SKS) yang berbasis proses pembelajaran dengan tatap muka teori-praktek, tugas mandiri dan tugas terstruktur,”kata Direktur PIP Semarang.

Untuk semakin meningkatkan kualitas peserta didiknya, Direktur PIP Semarang menyatakan bahwa saat ini PIP memiliki 98 jumlah pendidik; yang terdiri dari 56 orang dosen, dengan yang lulus ujian Sertifikasi Dosen (Serdos) sebanyak 45 orang. Sebagai catatan, 8 orang dosen telah bergelar DOKTOR, sehingga sangat memungkinkan dalam waktu dekat PIP Semarang membuka program pasca sarjana.

Berbagai sarana pendukung juga segera dikembangkan di PIP Semarang diantaranya adalah perpustakaan yang berbasis pada E-Library dengan akses E-Book dan E-Jurnal kepada taruna dan Perwira Siswa (Pasis) sebagai sumber referensi dalam penulisan ilmiah; mengembangkan sistem pembelajaran E-LEARNING agar memungkinkan pembelajaran dilakukan dari atas kapal dan pelabuhan di berbagai tempat; serta terdapat program unggulan baru Lembaga sertifikasi Profesi (LSP) P1.

-Yz-