Menu Multilavel
VIDEO


BERITA UTAMA

LSP Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Terima Lisensi P-1

Semarang, 06 April 2017.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang berhasil meraih lisensi P-1 dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Acara penyerahan lisensi tersebut berlangsung di Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi, kampus PIP Semarang pada hari Kamis, 6 April 2017. Hadir dalam acara penyerahan lisensi tersebut, di antaranya Praktisi POKJA SKK Bidang Perhubungan, Direktur Politeknik Pelayaran Surabaya, Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Pelayaran Padang Pariaman, Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Palembang, Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Pelayaran Palembang, perwakilan PT. Pelindo III (Persero), perwakilan BKSP Jawa Tengah, anggota ALFI DPW Jateng, perwakilan AMY, perwakilan AMNI Semarang, perwakilan Akademi Maritim Nusantara Cilacap, perwakilan Polimarin, perwakilan STIMART AMNI Semarang, perwakilan STIEPARI, perwakilan SMK Pelayaran AKPELNI Semarang dan tamu undangan lainnya.

Selain PIP Semarang, terdapat empat UPT di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan yang menerima lisensi LSP P-1, yaitu Politeknik Pelayaran Surabaya, Balai Pendidikan dan Pelatihan Pelayaran Padang Pariaman, Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Palembang, dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Pelayaran Palembang. Ketua BNSP, Ir. Sumarna F. Abdurahman, MSc. menyerahkan lisensi LSP P-1 tersebut langsung kepada masing-masing Kepala UPT, disaksikan oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Capt. Arifin Soenardjo, M, Hum.

Dalam sambutannya, Ketua BNSP, Ir. Sumarna F. Abdurahman, MSc. menyampaikan bahwa kompetensi merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan daya saing suatu bangsa. Kompetensi tenaga kerja, dalam level berapa pun akan mendongkrak kompetensi bangsa Indonesia. Oleh karena itu di Indonesia sekarang sudah ada 20 Undang-Undang yang dibuat untuk menegaskan bahwa sertifikasi kompetensi sangat penting. Ia pun menambahkan bahwa terdapat 4 (empat) pilar terkait dengan sertifikasi kompetensi tersebut, yaitu standar kompetensi, pelatihan berbasis standar tersebut, produksi tenaga kerja yang memiliki standar, dan pola industri. Direktur PIP Semarang, Dr. Capt. H. Wisnu Handoko, M.Sc., menyampaikan bahwa LSP PIP Semarang masih terus mengembangkan untuk kompetensi-kompetensi yang benar-benar dapat menunjang kinerja SDM di bidang transportasi laut dan kepelabuhanan yang berkualitas, profesional, bersaing dan tersertifikasi. Capt. Wisnu berharap lembaga sertifikasi profesi yang khususnya di PIP Semarang dapat menjadi wadah untuk membentuk SDM-SDM berkualitas, profesional, berdaya saing dan bersertifikasi sesuai dengan bidang keahliannya. Dan Ia pun menuturkan, bahwa setelah mendapatkan lisensi tersebut, pihaknya akan terus mengembangkan kompetensi-kompetensi di masa yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut. Capt. Arifin Sunadjo, M.Hum dalam sambutannya berharap bahwa pendidikan vokasi dapat menjadi pilar pembangunan khususnya dalam pembangunan manusia di bidang transportasi. Capt. Arifin pun menyatakan rasa terima kasihnya bahwa proses pemberian linsensi LSP P-1 kepada 5 (lima) UPT di bawah naungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan tersebut berjalan cukup lancar.

-Eka-