Menu Multilavel
AGENDA


BERITA UTAMA

PORSICIKA 2017 : TOGETHER WE CAN

Semarang, 03 Mei 2017.

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menggelar upacara pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Civitas Akademika (Porsicika) tahun 2017 pada Rabu, 3 Mei 2017. Bertempat di lapangan bola PIP Semarang, upacara dipimpin langsung oleh Direktur PIP Semarang, Dr. Capt. H. Wisnu Handoko, M.Sc. Porsicika merupakan ajang kompetisi di bidang olahraga dan seni bagi seluruh civitas akademika PIP Semarang yang terdiri dari Taruna/i, Perwira Siswa, Dosen, dan Pegawai (PNS maupun tenaga kontrak). Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan semangat kerja, sportivitas, loyalitas dan kekeluargaan seluruh civitas akademika PIP Semarang.

Untuk menyemarakkan upacara, para kontingen mengenakan berbagai kostum dan atribut yang menarik sesuai dengan tema dari masing-masing tim. Beberapa tema yang diangkat antara lain The legend of Arashaula, The Culture of Balinese, Yogyakarta, Banyuwagi, Reog Ponorog, Madura, Batavia Enif, dan Spirit of Java. Sebelum upacara dimulai seluruh kontingen melakukan parade yang diawali oleh maskot Porsicika 2017 yakni Gadjah Mada, seorang panglima perang dan tokoh yang berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit. Gadjah Mada terkenal dengan sumpahnya, yaitu Sumpah Palapa, bahwa ia tidak akan memakan Palapa sebelum berhasil menyatukan Nusantara. Selain itu, masing-masing tim menampilkan yel-yel ketika melewati tribun kehormatan yang disaksikan oleh Direktur PIP Semarng beserta jajarannya serta seluruh hadirin.

Pembukaan Porsicika secara resmi oleh Direktur PIP Semarang ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan sejumlah balon berwarna biru, merah dan kuning ke udara. Ketiga warna balon yang dilepas tersebut masing-masing menggambarkan program studi yang ada di PIP Semarang, yakni biru untuk program studi Nautika, merah untuk program studi Teknika dan kuning untuk program studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK). Kegiatan yang akan berlangsung pada 10 (sepuluh) hari tersebut mengangkat tema "together we can", bahwa dengan bersama kita bisa. Oleh karena itu meskipun berbeda-beda segenap civitas akademika PIP Semarang harus tetap bersama-sama sebagai sebuah keluarga besar. Terdapat beberapa cabang kegiatan yang dipertandingkan meliputi 10 (sepuluh) cabang olahraga seperti sepak bola, futsal, basket, volley, takraw, tenis lapangan, tenis meja, catur, panco dan tarik tambang; 5 (lima) cabang kesenian seperti karaoke, melukis, stand up comedy, body contest, dan fashion show; dan 3 (tiga) cabang kemampuan akademik yaitu bahasa Inggris, lomba cerdas cermat Islam dan lomba cerdas cermat Nasrani.

Dalam sambutannya, Direktur menyampaikan apresiasi atas komitmen dari Taruna/i, Perwira Siswa dan Pegawai dalam menyemarakkan Porsicika tahun ini dengan menghadirkan tema-tema yang variatif dan berbeda dengan yang sebelumnya. Dan maskot Porsicika tahun ini, yakni Gadjah Mada yang merupakan simbol semangat persatuan dan kesatuan dalam perbedaan dinilai sesuai dengan kondisi negara Indonesia saat ini yang perlu selalu dikobarkan semangat menyatukan berbagai perbedaan yang ada di seluruh pelosok negeri.

Sebagai acara hiburan pada upacara tersebut, hadirin disuguhi penampilan yang atraktif yaitu kolaborasi dari band Taruna, tim rampak bedug, tim rampak kendang dan tim tari Taruna PIP Semarang. Seusai pelaksanaan upacara pembukaan, dilanjutkan dengan pertandingan perdana yakni sepak bola antara pegawai vs Taruna. Tendangan bola pertama oleh Direktur PIP Semarang menandai dimulainya pertandingan sepak bola tersebut sekaligus rangkaian kegiatan pertandingan Porsicika 2017.

-Humas-