Menu Multilavel
AGENDA


BERITA UTAMA

Pendaftaran Seleksi Penerimaan Calon Taruna PIP Semarang telah dibuka

Semarang, 03 April 2017.

Penerimaan Calon Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Tahun Akademik 2017/2018 dibuka melalui Sistem Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR). Calon pendaftar dapat melakukan pendaftaran SIPENCATAR secara online mulai tanggal 3 April s/d 19 Mei 2017 pukul 23.59 WIB di website: https://sipencatar.dephub.go.id/

SIPENCATAR merupakan proses seleksi calon taruna terpusat di bawah koordinasi Badan Pengembagan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan. Di bawah BPSDM Perhubungan terdapat Pendidikan Transportasi Darat, Transportasi Laut dan Transportasi Udara. PIP Semarang adalah salah satunya. Lokasi Seleksi SIPENCATAR ada di 19 (Sembilan Belas) Satker/UPT BPSDMP dan 13 (Tiga Belas) Dinas Perhubungan Provinsi.

PIP Semarang membuka 3 (tiga) program studi yaitu: D.IV NAUTIKA, D.IV TEKNIKA, dan D.IV KALK. Bagi yang ingin mendaftar D.IV NAUTIKA, persyaratannya adalah lulusan SMA/MA (IPA) atau SMK Pelayaran Jurusan Nautika. Kemudian pendaftaran untuk D.IV TEKNIKA, persyaratannya adalah lulusan SMA/MA (IPA), SMK Pelayaran Jurusan Teknika, SMK/MA Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (Kecuali Teknik Audio Video), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pendingin Dan Tata Udara, Teknik Perkapalan (Teknik Instalasi Permesinan Kapal, Teknik Kelistrikan Kapal, Teknik Pengelasan Kapal), atau Teknik Instrumentasi Industri. Sedangkan pendaftaran untuk D.IV KALK, persyaratannya adalah lulusan SMA/MA (IPA/IPS), SMK Jurusan Bidang Keahlian Bisnis, Manajemen Program Keahlian Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Pemasaran, Perbankan, atau Asuransi dan Usaha Kecil Menengah.

Untuk dapat mendaftar, calon pendaftar harus melakukan pembayaran Biaya Pendaftaran. Biaya Pendaftaran dengan lokasi tes PIP Semarang adalah sebesar Rp100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) yang dilakukan melalui TELLER Bank Rakyat Indonesia (BRI) di No. Rekening: 0435.01.000440.30.4 atas nama: RPL 134 PIP Smg untuk Dana Kelola BLU. Di atas Bukti Pembayaran selanjutnya dituliskan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama pendaftar, kemudian discan dan diuplad di website SIPENCATAR. Selain itu calon pendaftar juga harus menyiapkan format gambar/scan dari sejumlah dokumen, diantaranya adalah: Pas Photo terbaru ukuran 4 x 6 berwarna dengan latar belakang merah, Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK), Muka Depan Ijazah, dan Muka Belakang Ijazah (berisi keterangan Nilai). Bagi calon pendaftar yang belum lulus dapat menggantikan lembar Muka Depan Ijazah dan Muka Belakang Ijazah dengan scan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai Peserta Ujian Nasional (UN). Scan gambar masing-masing dokumen tidak boleh lebih dari 1 MB.

Selanjutnya, Biaya Tes Potensi Akademik (TPA) untuk pendaftar SIPENCATAR yang memilih lokasi seleksi di PIP Semarang tidak dikenakan biaya, namun wajib menyampaikan scan Surat Pernyataan sebagai pengganti bukti pembayaran TPA. Surat Pernyataan dapat diunduh di link berikut: https://sipencatar.dephub.go.id/pengumuman/informasi-tarif-tes-potensi-akademik-16 Sebagai catatan, calon pendaftar sekolah di bawah BPSDM Perhubungan yang lain seperti Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya dan lain sebagainya juga bisa memilih lokasi ujian di PIP Semarang. Semisal dengan pertimbangan lokasi domisi tempat tinggal calon pendaftar saat ini. Namun sebaliknya, para pendaftar luar kota Semarang tetap boleh mendaftar untuk tujuan PIP Semarang, meskipun lokasi ujian yang dipilihnya bukan PIP Semarang. Namun ada kemungkinan harus membayar biaya tes TPA. Ada 4 Satker/UPT di bawah BPSDM yang tidak mengenakan biaya tes TPA yaitu: Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal, PIP Semarang, PIP Makassar dan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya. Untuk selanjutnya pendaftar dapat mendownload dan mencetak Kartu Peserta Ujian Sipencatar 2017 pada Rabu, 31 Mei 2017. Jadwal tahapan seleksi, informasi lebih lanjut dan berbagai perkembangan terkini silakan dipantau di website http://sipencatar.dephub.go.id

-Yz-